Tuesday, December 17, 2019

Kerukunan Umat Beragama (KUB) 2019

Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII) wilayah DKI Jakarta menyampaikan tanggapan atas hasil survey indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) tahun 2019 yang dirilis oleh Kementerian Agama RI, 11 Desember yang lalu. 

Pdt Dr.  R.B.Rory, M.Th, selaku Ketua PGLIIW DKI mempertanyakan apa parameter yang dilakukan oleh Kementerian Agama dalam menentukan peringkat dan menilai kerukunan umat beragama di Jakarta. Bukankah penentuan peringkat 27 atau ke-4 terbawah dari seluruh provinsi di Indonesia dengan skor 71,3 yang berarti dibawah rata-rata nasional 73,83 seharusnya disertai indikator dan variable penilaian atas hasil tersebut. Sebagai contoh, Umat Kristen di Jakarta tentunya diwakili oleh 7 Aras Nasional yang mana para pemimpinnya juga  harus menjadi nara sumber yang memahami kondisi riil umat atas kehidupan bertolerasi antar umat beragama. Selain ketujuh aras nasional Kristen seperti KWI,PGI,PGLII,PGPI, Advent, Baptis dan Bala Keselamatan, di wilayah DKI Jakarta juga mempunyai FKUB yaitu Forum Kumunikasi Umat Beragama yang merupakan representasi para tokoh-tokoh agama di Jakarta. Baik ketujuh aras nasional dan juga FKUB selalu mengkaji dan menerima laporan dari seluruh umat beragama di wilayah Jakarta baik pergesekan, tindakan intoleran maupun perkembangan yang tercipta dalam hidup rukun antar umat beragama.

Tentunya suatu hasil yang valid harus menyertakan sumber dan parameter yang jelas untuk di publikasikan, sehingga kedepan dapat dilakukan kajian dan pendekatan apa yang harus dilakukan untuk perbaikan dan mewujudkan hubungan yang harmonis antar umat beragama.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Featured Post

Divisi Hukum Pelita PGLII DKI Jakarta

Divisi Hukum Pelita PGLII DKI Jakarta. Melayani Konsultasi Hukum Gratis Setiap hari : Jumat, Pukul : 10.00 s/d 16.00 WIB - Sabtu, Pukul...

Video

Recent Posts


Hubungi Kami

Name

Email *

Message *